kamu pernah bingung ga? perasaan dah belajar abis2an buat masuk perguruan tinggi negeri favorit kita.eh tau2 pas ngeliat hasilnya ga lulus. sedih bener rasanya. Bedasarkan analisa pribadi ja nih. penyebab kurang beruntungnya temen2 SMA kita salah satunya ialah KURSI di universitasnya sendiri. Coba deh kamu bayangin dari 5000 siswa yang menjadi target penerimaan salah satu universitas favorit di bandung, hanya 5% yang diambil melalui SNMPTN atau sejenisnya. Sisanya?mungkin temen juga sudah tau kalo beberapa Uni udah jadi BHMN, so mereka berlomba untuk cari uang. Salah satunya dari mahasiswa baru, ditambah lagi yang namanya BHMN itu kaga boleh rugi menurut UU. Jadi tambah "kreatiflah" mereka mencari uang. salah satunya ya dari mahasiswa baru. Kalo lo punya duit banyak, lo boleh masuk. Kaga percaya?, liat ja berita2 di koran kompas tentang penerimaan mahasiswa lewat jalur mandiri. kamu pasti kaget. Tapikan ada beasiswa? Bener banget tapi dari sekian ribu mahasiswa yang pas2an berapa sih yang dapet beasiswa. begitulah bangsa tercinta ini, entah apa yang menjadi alasan pendidikan begitu mahal di negara ini. yach sudahlah.
nah bagi yang mempunyai uang lebih, kita nih cuma menyarankan, daripada buang uang ratusan bahkan ribuan juta alias miliar trus susah lagi, mendingan kita coba liat kuliah di jerman. di jerman biaya kuliahnya doank cuma 0-500 euro alias 7,5juta gitulah. itu dah semua yang berbau kuliah alias spp,praktek ato bop. pokoke all include lah. memang sih kita belum bicara biaya idup kita di sono. kalo kita bicara idup diluar kota biaya yang di keluarkan ga jauh beda kok. misalkan kita harus ngekos, makan&minum, buku, praktek, internetan n yang lain. keliatannya sih ga mahal karena kita tinggal minta n jumlahnya sedikit2, jadinya ga berasa. tapi coba deh di total jumlahnya hampir sama. so berubah pikiran?
trus kalo SNMPTN soalnya udah susah eh lulusnya juga susah. Gimana donk?
Gimana kalo ujian masuk Uni di Jerman, wah di minta doanya dah, karena dalam waktu dekat kita akan kasih liat kekamu soal2 ujian masuk STK UNI ato FH. Saya jamin kalo kamu dah bisa bahasa jerman, kamu pasti bilang soal matematikanya gampang.
so ditunggu ja kehadirannnya. ato hub ja STUFEN ok